gejala kekurangan vitamin

vitamin dan mineral bagi tubuh. Namun sebagian orang kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral sehingga menunjukkan perubahan yang terlihat pada wajah.
Seperti dilansir laman Medical Daily, berikut adalah lima perubahan pada wajah yang mengindikasikan gejala kekurangan vitamin dan cara mengatasinya.
Jika Anda melihat kondisi mata yang bengkak dengan warna pucat setelah bangun tidur, maka waspadai kondisi kekurangan yodium. Studi pada 2006 lalu menunjukkan bahwa asupan yodium yang rendah berakibat pada kelelahan, mata bengkak, kulit kering dan kuku yang rapuh. Beberapa makanan seperti yogurt, kentang, stroberi dan kacang-kacangan bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.
Kulit pucat merupakan gejala bahwa Anda kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan kulit pucat dan meningkatkan rasa lelah. Perbanyak konsumsi salmon, daging merah, sereal dan yogurt untuk mengatasi masalah ini.
3. Rambut kering
Kondisi rambut yang kering biasanya dikaitkan dengan salah memilih sampo. Namun tahukah Anda bahwa rambut kering bisa jadi indikator kekurangan vitamin B7 atau biotin. Biotin yang rendah dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut kering. Perbanyak konsumsi telur, kacang almond, dan biji-bijian untuk mengatasi hal ini.
4. Bibir pucat
Jika Anda mengalami bibir pucat, maka itu tandanya Anda mengidap anemia karena kekurangan zat besi. Anemia memiliki berbagai gejala antara lain kulit dan bibir pucat, mudah lesu, dan tak bergairah saat melakukan aktivitas. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi daging merah, makanan laut, sayuran berdaun hijau, sereal dan kacang polong.
5. Gusi berdarah
Gusi berdarah merupakan tanda bahwa Anda mengalami kekurangan vitamin C. Jadi jika Anda mendapati adanya darah saat menggosok gigi, coba perhatikan pola konsumsi sumber vitamin C Anda. Beberapa makanan yang dapat menambah asupan vitamin C antara lain jeruk, kangkung, brokoli, stroberi dan paprika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesawat Sederhana

Tuas atau pengungkit

Roda bergigi