Sendi

Hubungan antara tulang dinamakan artikulasi yang akan menimbulkan persendian. Macam-macam persendian berdasarkan sifat gerakannya dibagi menjadi 3 yaitu:

A. Sendi mati adalah merupakan hubungan antar tulang yang tidak bisa untuk digerakkan, dan sebagai contohnya adalah tulang tengkorak.
Sendi mati
B. Sendi kaku adalah merupakan hubungan antar tulang yang bisa untuk digerakkan secara terbatas, sebagai contoh adalah sendi antar tulang belakang.
C. Sendi gerak adalah merupakan hubungan antar tulang yang bisa untuk digerakkan secara leluasa.
Sendi gerak

Macam-macam sendi gerak dapat dibedakan menjadi 4 yaitu: 

a. Sendi engsel adalah merupakan hubungan antara 2 buah tulang  dimana yang salah satu tulangnya hanya bisa digerakkan cuma satu arah saja, sebagai contoh dari sendi engsel yaitu sendi siku.

b. Sendi pelana adalah merupakan hubungan antara 2 buah tulang yang memungkinkan terjadinya gerak ke dua arah, sebagai contoh sendi pelana adalah hubungan antara telapak tangan dengan ruas jari tangan.

c. Sendi peluru adalah merupakan hubungan antara 2 buah yang memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah, sebagai contoh sendi peluru adalah hubungan antara tulang  lengan atas dengan gelang bahu.

d. Sendi putar adalah merupakan hubungan antara 2 tulang yang memungkinkan tulang yang satu dapat bergerak memutar pada tulang lainnya, sebagai contoh sendi peluru adalah hubungan antar tulang atlas dengan tulang pemutar yang menyebabkan kepala bisa berputar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesawat Sederhana

Tuas atau pengungkit

Roda bergigi